Scroll untuk baca artikel
Example 728x250
Beritaormas

Polsek Cibatu Polres Garut Lakukan Patroli Antisipasi Kebakaran Lahan Dan Hutan

buserdirgantara7
87
×

Polsek Cibatu Polres Garut Lakukan Patroli Antisipasi Kebakaran Lahan Dan Hutan

Sebarkan artikel ini
Img 20231001 Wa0045

Garut ,–Dirgantara7.com // Sekitar pukul 17.40 Wib telah terjadi kebakaran Hutan dan lahan milik Warga tepatnya di Gunung Kancil yang mana kebakaran tersebut meliputi 3 wilayah Desa di Kecamatan Cibatu yaitu Desa wanakerta, Desa Padasuka dan Desa Karya Mukti. Sabtu (30/9/2023).

IMG-20231001-WA0042

Kapolsek Cibatu AKP Misno menyampaikan bahwa Kronologi kejadian diperkirakan sekira pukul 16.15 Wib saat menjelang Adzan Maghrib beberapa warga melihat kobaran Api yang membakar Hutan dan Lahan milik yang berada di Gunung Kancil.

Karena besarnya tiupan angin tampak api menjalar membakar Lahan yang ada di wilayah 3 Desa tersebut.

Menurut keterangan dan Informasi dari beberapa warga masyarakat sekitar Gunung Kancil Kebakaran hutan tersebut berasal dari wilayah Sukawening Desa sukahurip Kecamatan Pangatikan yang terus menjalar masuk ke wilayah di 3 Desa Kecamatan Cibatu.

Wilayah yang terbakar oleh si jago merah meliputi Desa Karya Mukti tepatnya blok pasir angin Kampung Kancil Rt 02 Rw 06 Desa Karyamukti.

Kemudian Wilayah Desa Wanakerta tepatnya Kampung. Babakan Kandang Rw. 16 Desa Wanakerta.

Selanjutnya Wilayah Desa Padasuka yang saat ini masih dalam pemantauan jajaran Anggota Polsek Cibatu, beserta tim gabungan Forkopimcam Kecamatan Cibatu.

Tidak ada Korban jiwa dalam kejadian tersebut, hanya kerugian material yang di alami warga pemilik lahan perkebunan, berupa kerusakan tanam tanaman, akibat kebakaran.

Adapun menurut hasil laporan Anggota Tim Gabungan penanganan kebakaran Hutan Kecamatan Cibatu, tercatat sebagai berikut :
– Desa Karya Mukti luas lahan terbakar diperkirakan ± 40 ha
– Desa Wanakerta luas lahan terbakar ± 150 ha, Jarak lahan kebakaran dari tempat pemukiman Warga sekitar 3 Km.

Adapun langkah langkah yang dilakukan Polsek Cibatu adalah koordinasi dengan forkopimcam, pemantauan di lokasi batas pemukiman warga dengan lahan Perkebunan dan Damkar.

Saat ini telah di turunkan 3 Unit Damkar dari Rayon Limbangan dan sudah stanbye di makoramil cibatu, Akibat sulitnya Akses jalan menuju lokasi Tim Gabungan melakukan pemantauan di areal perbatasan antara pemukiman warga masyarakat dengan lokasi hutan milik warga pungkasnya.

(Ahmad Deni)

Img 20240526 223458
Img 20240526 223458