Scroll untuk baca artikel
Example 728x250
Beritaormas

Aneka Ragam Budaya pada Roadshow Kebudayaan di Tomtim, Budiman : Kita Satu Kesatuan di Lutim

buserdirgantara7
172
×

Aneka Ragam Budaya pada Roadshow Kebudayaan di Tomtim, Budiman : Kita Satu Kesatuan di Lutim

Sebarkan artikel ini
Img 20230824 Wa0265

Luwu timur,—Dirgantara7.com // Bupati Luwu Timur, H. Budiman menghadiri acara roadshow kebudayaan tahun 2023 yang dilaksanakan di Lapangan Batara Guru, Kecamatan Tomoni Timur, Kamis (24/08/2023).

IMG-20230824-WA0264

Pada Road show kebudayaan kali ini, aneka ragam budaya ditampilkan antara lain; tarik kecak dari sanggar seni Tapeni Laksmi Desa Kertoraharjo. Adapun seni budaya lain yakni, tari bugis (Kalampoan Parasanganta) dari SMA Negeri 10 Lutim, tari pagelu dari SD Patengko dan Manunggal, dan tari tani dari Desa Kertoraharjo.

Pada kesempatan ini, Bupati Lutim, H. Budiman mengucapkan rasa syukur dapat menghadiri roadshow kebudayaan dalam rangka mencapai visi Lutim yang Berkelanjutan, Lebih Maju Berlandaskan Nilai Agama dan Budaya.

“Kita buktikan hari ini bahwa betul-betul beragam mulai dari pakaian, bahasa dan keyakinan dan merasa bahwa kita satu kesatuan di Kabupaten Lutim didalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Budiman.

Menurut Budiman, beberapa kecamatan yang telah dikunjungi selalu ada kejutan-kejutan yang tidak pernah dilihat sebelumnya.

“Kalau tidak ada road show kebudayaan ini, kita tidak akan melihat itu. Insha allah di hari Perjuangan Rakyat Luwu, di Tahun 2024 bertepatan dengan 23 Januari, kita akan melakukan perayaan sekaligus melaksanakan festival budaya yang besar,” ucap Bupati Lutim.

Oleh karena itu, orang nomor satu di Lutim ini meminta kepada para OPD terutama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan Dinas Pariwisata untuk menampilkan festival budaya pada tahun 2024 mendatang.

“Tentu keberagaman ini menjadi pesan kita bahwa betul-betul menjadi penyatu dan perekat, sehingga Luwu Timur kedepan menjadi kabupaten yang Insha Allah lebih maju dalam arti kita bangun secara bersama-sama,” harap Budiman.

Turut hadir, Unsur Forkopimda Lutim, para Asisten dan Staf Ahli, para Kepala OPD, Camat Tomoni Timur beserta Ketua TP PKK Kecamatan Tomoni Timur, Unsur Tripika; Kapolsek dan Danramil, para alim ulama, Ibu Pendeta, Pinandita dan Pandita, Tokoh Adat, Masyarakat, Agama, Pemuda dan Wanita, Perwakilan Kantor Kementrian Agama, Kepala Cabang Dinas Tomoni Wilayah 12 Provinsi Sulsel, para Kepala Sekolah, SMA, SMP dan sederajat, Ketua dan Panitia Pelaksana Road Show Kebudayaan Kecamatan Tomtim. (dew/ikp-humas/kominfo-MuhJuari )

Img 20240526 223458
Img 20240526 223458