Scroll untuk baca artikel
Example 728x250
Nasional

Jernihnya Mata Air Cigede Cibuyutan Garut, Suguhkan Objek Wisata yang Serba Gratis

buserdirgantara7
709
×

Jernihnya Mata Air Cigede Cibuyutan Garut, Suguhkan Objek Wisata yang Serba Gratis

Sebarkan artikel ini
Img 20230607 Wa0205

Garut, Buserdirgantara7.com – Siapa yang tak mengenal Mata Air Cigede Cibuyutan atau yang lebih populer disebut Pemandian Cigede merupakan salah satu dari sekian banyak destinasi wisata gratis di Kabupaten Garut, Jawa-Barat. Sebuah pemandian air jernih yang tepatnya berada di wilayah Desa Sukakarya, Kecamatan Banyuresmi, ini memiliki kolam yang sangat memanjakan, sangat cocok untuk berenang atau bermain air.

Perlu diketahui sumber air jernih, dasar air yang penuh bebatuan dapat terlihat jelas dari atas permukaan tanpa harus menyelam terasa dan terlihat banget, beningnya air serta pemandangan unik di dalamnya membuat kita bisa melakukan berfoto ria.

Suasana alam yang bisa memanjakan di Pemandian Cigede ini masih sangat asri sebab dikelilingi perkampungan serta area pesawahan yang luas. Berjarak sekitar 10 km dari Stasiun Garut, sedangkan untuk mencapai tujuan ke tempat wisata ini terbilang sangatlah mudah karena jalannya sudah beraspal.

Lokasi Mata Air Cigede Cibuyutan pun dapat diakses dari Jalan Raya Bandung – Garut, kawasan Warung Peuteuy. Selain digunakan untuk berenang oleh warga maupun wisatawan, kolam mata air alami ini ternyata sering menjadi tempat perawatan domba Garut.

Beberapa peternak domba tangkas atau domba adu kerap memandikan hewan peliharaannya di Mata Air Cigede ini secara rutin, yakni seminggu sekali tepatnya setiap hari Jumat. Menurut para peternak, cara tersebut dilakukan guna melatih fisik dan pernapasan untuk ketangkasan domba.

Keindahan obyek wisata yang tidak jauh dari Situ Bagendit ini telah banyak diabadikan oleh pengguna sosial media. Namun tidak sedikit yang mengeluhkan minimnya kesadaran pengunjung dalam menjaga kebersihan di area kolam.

“Terlihat jernih banget masih fresh, tapi masalah kebersihan kolam nya kurang terjaga sehingga banyak sampah, yah namanya juga gratis, coba kalo ada yg kelola, Insyaallah jadi destinasi wisata,” ujar Daman ( 45 ) salah seorang pengunjung Obwis tersebut.

“Ya saya sendiri sering berenang dari sejak saya kecil,dibalik keindahan suasananya dan mata air yang sangat jernih, disini tidak ada tiket masuk alias gratis. Setiap saya pulang kampung pasti berenang dan mandi disini,” ucapnya. Rabu,( 07/06/2023 ).

Sementara hal senada. Dikatakan Mamin ( 50 ), salah seorang warga asal dari Desa Tarogong, Kecamatan Tarogong Kidul, dia mengaku sangat takjub dengan kejernihan air di pemandian Cigede. Disaat liburan atau saat akhir pekan, dirinya sudah sering atau beberapa kali mengajak anak serta teman-temannya untuk bermain air di sana.

“Enaknya sangat mudah, karena akses jalan menuju kolam Cigede strategis karena ada di pinggir jalan. Intinya saya tidak kerepotan membawa anak-anak, jadi oleh karena itu. Mereka sangat senang berenang di sini, selain airnya bersih, nyaman dan bening pemandangan sekitar indah dengan nuansa yang di kelilingi oleh pesawahan,”tutupnya, ( Diky ).

Img 20240526 223458
Img 20240526 223458