Scroll untuk baca artikel
Example 728x250
Pemerintahan

Tradisi Kliwonan di Pemdes Tegal Taman Upaya Pendekatan Diri Kepada Alloh SWT

buserdirgantara7
399
×

Tradisi Kliwonan di Pemdes Tegal Taman Upaya Pendekatan Diri Kepada Alloh SWT

Sebarkan artikel ini
Screenshot 20230206 201732 Whatsappbusiness

INDRAMAYU||BUSERDIRGANTARA7.COM  – Tradisi Kliwonan di Pemerintah Desa ( Pemdes) Tegal Taman Kec. Sukra Kab. Indramayu, , membangun upaya untuk meraih keselamatan hidup.

Kuwu Tegal Taman, Makrus Hadi Prayitno mengatakan, Kliwonan adalah ritual sakral dengan tujuan untuk membebaskan, membersihkan, diri dari sesuatu yang dipandang buruk serta jahat.

Kliwonan merupakan budaya membangun upaya untuk meraih keselamatan hidup yang telah lama menjadi ciri dalam kehidupan masyarakat Tegal Taman

Menurutnya, kliwonan dilaksanakan pada setiap malam Jumat Kliwon bertempat di Aula Balai desa Tegal Taman

” Kliwonan diikuti seluruh masyarakat dan apatut desa Tegal Taman, kliwonan biasanya dilaksanakan setiap 35 hari sekali pada Kamis Wage, malam Jumat Kliwon,’ ujar Makrus Hadi, pada Sabtu ( 4/2/2023)

Dikatakannya Makrus Hadi bahwa Kliwonan adalah ritual sakral dengan tujuan untuk membebaskan, membersihkan diri dari sesuatu yang dipandang tidak baik atau buruk serta jahat.

Tradisi Kliwonan merupakan tradisi turun temurun sejak dulu sampai sekarang. Bagi masyarakat Tegal Taman malam Jumat Kliwon merupakan malam yang sangat di nanti-nanti dan penuh dengan kegembiraan.

Keuninakan Tradisi Kliwonan mempercayai bahwa hari tersebut merupakan hari yang keramat. Bahkan suara dzikir berkumandang menggemakan ruangan aula balai desa. Doa doa pun dipanjatkan kepada sang Khalik untuk meminta berkah dan dijauhkan dari mara bahaya ( tolak bala).

Acara demi acara berjalan lancar diakhiri dengan doa oleh ulama setempat.

Img 20240526 223458
Img 20240526 223458