Scroll untuk baca artikel
Example 728x250
Beritaormas

Wujudkan smart city Kementerian Kominfo beri penghargaan kepada Tapsel

buserdirgantara7
166
×

Wujudkan smart city Kementerian Kominfo beri penghargaan kepada Tapsel

Sebarkan artikel ini
Img 20230106 Wa0255

Tapanuli Selatan – Dirgantara7 com. – Kementerian Kominfo RI memberikan penghargaan kepada Tapanuli Selatan (Tapsel) karena kabupaten itu sudah menyelesaikan penyusunan masterplan Smart City.

Penghargaan diterima Bupati diwakili Pj. Sekda Tapsel M. Frananda, melalui Dirjend Aplikasi Informatika (Aptika) Semuel Abrijani Pangerepan didampingi Direktur LAIP Ditjend Aptika Bambang Dwi Anggono.

“Penyerahan penghargaan yang beberapa waktu lalu di Hotel Grand Sahid, Jakarta. Dan, penghargaan sudah kita sampaikan juga kepada Pak Bupati,” Kadis Kominfo Tapsel, Inganan Dalimunthe, di Sipirok, Kamis (5/1).

Tapsel salah satu dari 50 kabupaten/kota lainnya ikut menyusun masterplan kabupaten cerdas di Indonesia. Di pilih Kementerian Kominfo untuk mewujudkan pemerintahan cerdas.

“Saya menyambut baik dan berterima kasih kepada seluruh pihak yang memberikan andil. Dokumen smart city ini menjadi perencanaan strategis untuk pembangunan Tapsel ke depan,” katanya.

Bupati Tapsel Dolly P.Pasaribu ada enam dimensi untuk mewujudkan smart city, yang tujuannya antara lain peningkatan kualitas pelayanan masyarakat serta meningkat kan pertumbuhan ekonomi lokal.

Menurut Bupati ada enam dimensi dalam penyusunan masterplan kabupaten cerdas itu yakni smart government, smart branding, smart economy, smart living, smart society, dan smart environment.

“Setelah lolos assesment gerakan smart city kali pertama, lalu 50 kabupaten/kota mengikuti bimbingan teknis sebanyak delapan kali selama empat bulan di 2022,” kata Inganan menjelaskan lebih jauh proses hingga akhirnya mendapat penghargaan itu.

Di katakan dokumen masterplan enam dimensi yang di susun selama bimbingan teknis bersama pihak Kementerian Kominfo lahir berkat kerjasama serta buah pikir dan ide-ide cerdas bersama OPD.

Selain penghargaan berupa piagam, Pemkab Tapsel juga mendapat sebuah buku Analisis Strategi Smart City, Masterplan Smart City, Executive Summary, dan Quickwin terkait Tapsel. “Buku-buku ini yang menjadi acuan untuk membangun smart city di Kabupaten Tapsel,” kata Inganan.

(HTG)

Img 20240526 223458
Img 20240526 223458