Scroll untuk baca artikel
Example 728x250
Beritaormas

Kombes Susatyo Purnomo Condro, Sosok Inovatif Tanpa Henti

buserdirgantara7
209
×

Kombes Susatyo Purnomo Condro, Sosok Inovatif Tanpa Henti

Sebarkan artikel ini
Img 20230106 Wa0167

Bogor,–Dirgantara7.com | Wali Kota Bogor, Bima Arya menghadiri pisah sambut Kapolresta Bogor Kota yang semula dijabat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro kini dijabat Kombes Pol Bismo Teguh Prakoso di IPB Convention Center, Botani Square, Kamis (5/1/2023) malam.

IMG-20230106-WA0163

Dalam pisah sambut itu hadir Forum komunikasi pimpinan daerah (Forkompinda) anggota TNI-Polri, tokoh agama alim ulama dan pengurus masjid, tokoh pemuda, tokoh masyarakat dan anak-anak muda.

Masa kepemimpinan Wali Kota Bogor, Bima Arya, Kombes Pol Susatyo adalah Kapolresta Bogor Kota ke delapan.

Susatyo menjabat sebagai Kapolresta Bogor Kota saat Indonesia dilanda pandemi Covid-19 dan ketika itu angka Covid-19 di Kota Bogor pun sempat melonjak sangat tinggi.

Bima Arya mengatakan, setiap Kapolresta memiliki ujian masing-masing, namun ia meyakini bahwa Kombes Pol Susatyo lulus ujian yang berat tersebut.

“Yang paling banyak ujiannya Kombes Pol Susatyo kita menghadapi sesuatu yang kita tidak tahu bagaimana menghadapinya, bentuknya, wujudnya, tapi disitulah pemimpin diuji untuk bersama-sama ikut berperang dengan membangun kolaborasi,” kata Bima Arya.

Ia melihat bahwa ikhtiar yang dilakukan Susatyo dalam menjaga masyarakat di Kota Bogor tidak mengenal lelah.

Jika pada saat masa Covid-19 ada kebijakan ganjil-genap yang digagas Kombes Pol Susatyo, saat itu kata Bima Arya wali kota pun ada ganjil genap.

“Kalau ganjil kapolres jadi wali kota genap jadi kapolres beneran, tapi saat itu saya sampaikan kepada semua ASN kita saat itu gak usah terlalu pusing soal tupoksi yang penting semua tujuannya sama yang penting sinergi. Rasanya cuma ada di Indonesia kepala dinas dilantik oleh kapolres jadi direktur vaksin,” ujar Bima Arya yang disambut tepuk tangan tamu yang hadir.

Masa-masa itu kata Bima Arya, masa berharga bagi Kota Bogor untuk terus belajar, karena Kombes Pol Susatyo memiliki banyak sekali inovasi.

“Dalam catatan saya yang paling banyak inovasinya itu Pak Susatyo, dari mulai bertugas sampai detik-detik terakhir masih berinovasi, inovasi tanpa henti,” katanya.

Bima Arya menambahkan, atas nama Pemerintah Kota Bogor dan masyarakat pihaknya menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas dedikasi, keringat, waktu dan pengorbanan Kombes Pol Susatyo selama ini.

Pada kesempatan itu, Bima Arya juga menyampaikan selamat datang kepada Kombes Pol Bismo Teguh Prakoso yang menjabat sebagai Kapolresta Bogor Kota yang baru dan menyampaikan bahwa Kota Bogor adalah kota yang memiliki DNA dan sangat mencintai keberagaman.

Ke depan kata Bima Arya, Kota Bogor akan melakukan perbaikan jembatan dengan membongkar jembatan Otista dan akan melakukan pembangunan lima pasar besar.

Untuk itu ia berharap akan ada terus semangat membangun kolaborasi dan sinergitas.

Pada pisah sambut ini, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro menyampaikan bahwa ia mencintai Kota Bogor melebihi dirinya sendiri.

Di saat masa masa pelik pandemi Covid-19 Susatyo dilantik menjadi Kapolresta Bogor Kota ke 29 yang juga sama dengan kode Polresta Bogor Kota yang memiliki kode polres 29.

Saat berpindah tugas Susatyo juga berhasil membuat 68 marbot mart untuk para marbot masjid sesuai dengan jumlah kelurahan yang ada di Kota Bogor.

Dan ketika satu hari setelah menjabat sebagai Kapolresta Bogor Kota saat itu diterapkan PPKM dan pada saat berpindah tugas PPKM pun selesai dan dicabut.

“Kami tidak hebat, dua tahun saya menjabat memang masa-masa sulit sekali tidak pernah terbayang tapi harus mengambil keputusan-keputusan dan tentunya Alhamdulillah pak wali orang yang senang diskusi, saya juga minta pendapat ke pak Danrem yang kemarin, yang sekarang dan pak Dandim, sehingga saya rasa tidak ada tugas yang beras jika dilakukan bersama,” kata Susatyo didampingi anak dan istri.

Pada kesempatan itu ia juga menyampaikan terima kasih kepada jajaran anggotanya dan para ASN serta menyampaikan permohonan maaf jika dalam bertugas dalam candaan ada kata-kata atau perilaku yang tidak berkenan atau menggores hati mohon dibukakan pintu maaf yang sebesar besarnya.

“Selanjutnya saya akan bertugas ditempat yang baru, kami sekeluarga undur diri tentunya Kota Bogor akan selalu ada dihati saya,” katanya.

Di lokasi yang sama, Kombes Pol Bismo Teguh Prakoso menyampaikan rasa syukur kepada Allah, Tuhan yang maha kuasa dan bangga karena bisa bertugas di Kota Bogor.

Ia pun siap untuk melanjutkan program yang telah digagas pak Susatyo dan bersama-sama menjaga Kota Bogor dengan para pimpinan daerah dan Forkopimda.

“Kota Bogor daerah yang menjadi rumah kediaman bapak presiden beserta rumah para warga Bogor kota, tentunya rumah tinggal ini ramah yang manfaat dan barokah bagi kita semua. Mari kita jaga, kita amankan, kita upayakan yang terbaik supaya rezeki tetap mengalir, anak tetap bisa sekolah, bisa bekerja, mari kita sama-sama sinergis terutama setelah Covid-19 kemarin,” katanya.

(Dede hanapi)

Img 20240526 223458
Img 20240526 223458