Scroll untuk baca artikel
Example 728x250
BeritaormasPolisi

Banjir Dukungan Dari Senayan Soal Kapolri Minta Pelat RF Ditertibkan

buserdirgantara7
231
×

Banjir Dukungan Dari Senayan Soal Kapolri Minta Pelat RF Ditertibkan

Sebarkan artikel ini
Img 20221101 101640

Jakarta , – Dirgantara7.com | Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo berencana menuntaskan masalah pelat RF di jalanan. Ternyata langkah Jenderal Sigit ini disambut baik oleh para pimpinan hingga anggota Komisi III DPR RI.

Di awalnya menyatakan keyakinannya soal lebih banyak anggota yang bisa menorehkan prestasi.

“Saya juga meyakini bahwa anggota semuanya memiliki semangat untuk itu, melakukan prestasi, melakukan yang baik karena ini memang bagian dari pertaruhan, memilih yang mana nih, memilih yang baik atau buruk dengan risiko,” kata Kapolri. Kapolri menjawab soal harapan munculnya polisi-polisi yang berprestasi dan bisa dirasakan manfaatnya bagi masyarakat.

Lalu, Sigit menegaskan polisi harus memenuhi harapan masyarakat. Dia memastikan akan menindaklanjuti hal-hal yang bisa membuat masyarakat kesal, termasuk soal penggunaan pelat RF yang akrab dengan kendaraan bermotor pejabat.

“Saya kira itu yang akan kita lakukan ke depan termasuk persepsi apa yang saat ini diharapkan oleh masyarakat tentang pelayanan Kepolisian itu tentunya yang terus kami perbaiki termasuk juga apa sih yang kira-kira membuat masyarakat kesal dengan hal-hal yang terkait dengan kepolisian tentunya kita perbaiki, ini yang sedang kita dalami,” ujar Kapolri.

“Misalkan ya misalkan pelat RF ini ya,” imbuh Jenderal Sigit.

Sigit yang juga mantan Kabareskrim Polri menyebut pelat RF khusus diberikan untuk fungsi tertentu yang berkaitan dengan kepolisian, dinas ataupun VVIP. Namun, Sigit menangkap fenomena masyarakat yang melihat penggunaan pelat RF ini tidak tepat. Sigit menegaskan akan memperbaiki hal ini.

“Memang itu kan khusus diberikan kepada fungsi tertentu yang memang ada kaitannya dengan kepolisian, dinas atau VVIP begitu ya. Tapi faktanya mungkin masyarakat mungkin melihat, ‘Oh ternyata bukan polisi’, begitu ya. Nah ini yang kami perbaiki,” ujar Kapolri.

Wakil Ketua DPR

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad turut merespons rencana Kapolri soal penertiban pelat RF. Dia rencana itu patut didukung lantaran pasti sudah dilakukan dengan kajian mendalam.

“Kita lihat bahwa apa yang direncanakan Pak Kapolri untuk menertibkan pelat RF ini juga patut didukung penuh, karena apa yang disampaikan atau direncanakan oleh Kapolri mungkin sudah dengan kajian yang mendalam,” kata Dasco di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta.

Dasco mengatakan pelat banyaknya pelat RF yang berkeliaran di jalan bikin bingung. Padahal pelat RF termasuk pelat khusus yang didapat dengan ketentuan tertentu.

“Kita lihat memang pelat-pelat berjenis tersebut berkeliaran di jalan sehingga kita juga kadang-kadang bingung apakah segitu banyaknya yang diberikan sesuai klasifikasi dan kualifikasi dari pelat tersebut,” ujar Ketua Harian Gerindra ini.

Dasco mengapresiasi Kapolri menertibkan pelat RF yang salah penggunaan dan peruntukannya.

“Padahal sesuai dengan ketentuan yang dapat pelat-pelat tersebut adalah yang tertentu saja, karena memang ketentuan atau kebijakan ini sudah lama, bukan era Pak Kapolri saja, jadi mungkin sudah dikaji pihak Polri sehingga diputuskan penertiban pelat-pelat tersebut sehingga kami apresiasi,” imbuhnya.

(*)

Img 20240526 223458
Img 20240526 223458